5 Manfaat Minuman Cokelat Panas, Secangkir 3 Kali Lipat dari Teh Hijau Lawan Kanker

Tahukah Anda selain rasanya yang enak, ternyata meminum cokelat panas juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? 

Minuman cokelat panas merupakan minuman hangat yang terbuat dari cokelat bubuk, coklat batangan dan berbagai jenis coklat lain yang dicampur dengan gula, susu dan juga air panas. Meminum cokelat panas di pagi hari, apalagi ditambah dengan cuaca yang dingin membuat siapapun yang menikmatinya akan merasa tenang.

Namun, siapa yang sangka jika manfaat minum cokelat ini juga sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat meminum cokelat panas untuk kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, meliputi:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tidak hanya memberi tambahan energi, kandungan antioksidan dalam cokelat panas dapat mencegah penyakit jantung. Berdasarkan NLM Amerika Serikat, cokelat panas menjaga kesehatan jantung. 

Seperti yang dijelaskan pada laman thetiggle.com, penelitian Harvard juga menunjukkan manfaat cokelat. Penyakit kardiovaskular lainnya juga dapat dicegah dengan asupan cokelat panas secara teratur, sebagaimana dibuktikan dari laporan National Institute of Health. Hal ini dikarenakan kakao merupakan bahan utama cokelat panas yang mengandung banyak nutrisi bermanfaat, salah satunya antioksidan seperti flavanol dan pitosterol yang siap mengurangi kolesterol LDL dalam darah, sehingga mencegah penyakit jantung dini, penyakit koroner, atau serangan jantung.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak

Mengutip dari Healthline, para ilmuwan telah berhasil membuktikan manfaat cokelat panas dalam meningkatkan kekuatan otak. Penelitian menunjukkan kemampuan coklat panas yang bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengandung flavonoid ini juga berguna dalam meningkatkan aliran oksigen ke otak sehingga bisa lebih fokus untuk mencegah demensia yang bisa terjadi karena berkurangnya aliran oksigen di otak. 

3. Mencegah Risiko Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia menemukan bahwa cokelat dapat merangsang aktivitas insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes. 

4. Menjaga Berat Badan

Melansir dari barefoodangel.com, Will Clower, PH.D. Ahli saraf dan penulis buku Eat Chocolate, Lose Weight mengatakan, mengonsumsi cokelat lima menit setelah makan atau 20 menit sebelumnya mengurangi nafsu makan sebanyak 50 persen. Mengonsumsi cokelat dalam jumlah kecil dapat memuaskan nafsu makan, hal ini dikarenakan dapat mencegah lonjakan insulin yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

5. Melawan Kanker

Sebuah studi Cornell menemukan bahwa secangkir kakao menawarkan antioksidan pelawan kanker dua kali lebih banyak daripada segelas anggur merah dan tiga kali lebih banyak dari secangkir teh hijau.Para peneliti menghubungkan kelimpahan ini dengan tingkat flavonoid yang lebih tinggi. Minuman cokelat panas sangat disarankan di minum pada pagi hari untuk memberikan manfaat berlimpah pada tubuh.